Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah menguasai 34% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO), ternyata Holding BUMN Pertambangan MIND ID “hanya” mendapatkan jatah penempatan 2 Direksi dari sebelumnya 1 Direksi.

Jumlah hak penempatan Direksi untuk pihak MIND ID ini lebih rendah dibandingkan hak untuk pihak Independen/ Non Afiliasi yang berhak mendapatkan 3 jatah Direksi.

Lebih rendahnya jatah penempatan Direksi MIND ID dibandingkan pihak Independen itu dipertanyakan oleh Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Nasril Bahar.

Sementara untuk Vale Canada Ltd (VCL) juga mendapatkan hak penempatan 2 Direksi, tidak berubah dari porsi sebelumnya.

“Penambahan dari Independen dari 2 Direksi jadi 3 Direksi, kenapa Independen lebih banyak daripada MIND ID? Kenapa bukan MIND ID yang jadi 3 Direksi?” tanya Nasril dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi VII DPR bersama Menteri ESDM, MIND ID dan PT Vale Indonesia Tbk, Rabu (03/04/2024).

Merespons pertanyaan tersebut, Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso menjawab pihaknya juga hanya sebagai objek yang menjalankan keputusan dari pemerintah atau Tim Divestasi.

“Kami juga merupakan objek. Kami juga hanya pelaksana dari putusan yang diambil oleh Tim Divestasi. Bahasan mengenai komposisi dan lain-lain itu adalah ketetapan yang sudah diambil oleh Tim Divestasi.
Untuk CEO, kita usulkan dari perwakilan MIND ID,” tutur Hendi.

Seperti diketahui, pada 26 Februari 2024 lalu Perjanjian Definitif Jual Beli Saham antara PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dengan MIND ID sudah dilakukan. Hal ini menandai kepemilikan saham MIND ID di INCO bertambah sebesar 14% menjadi 34%.

MIND ID membeli 14% saham INCO sebesar Rp 3.050 per lembar saham atau sekitar US$ 300 juta atau Rp 4,69 triliun (asumsi kurs Rp 15.656 per US$).

Dengan MIND ID menjadi pemegang 34% saham INCO, maka kepemilikan saham Vale Canada Limited di INCO menciut menjadi 33,9% dari sebelumnya 43,79% dan saham Sumitomo Metal Mining menjadi 11,5% dari 15,03%. Adapun porsi kepemilikan saham publik yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih tetap sama, yakni sekitar 20,6%.

Berikut perubahan jatah komisaris dan direksi dari masing-masing pemegang saham Vale:
– VCL, semula mendapatkan hak penempatan jatah 4 Komisaris, nantinya berubah menjadi 3 Komisaris. Lalu, untuk jatah Direksi tetap sebanyak 2 jatah Direksi.

– MIND ID, semula mendapatkan hak penempatan jatah 2 Komisaris, nantinya berubah menjadi 3 Komisaris. Lalu, untuk jatah Direksi dari sebelumnya hanya memiliki jatah 1 Direksi, akan berubah menjadi 2 jatah Direksi.

– Sumitomo, tetap mendapatkan hak penempatan jatah 1 Komisaris, tidak berubah. Dan tak ada jatah penempatan Direksi.

– Independen/ Non Afiliated, tetap mendapatkan hak penempatan jatah 3 Komisaris, tidak berubah. Lalu, untuk jatah Direksi, dari sebelumnya 2 Direksi, kini naik menjadi 3 jatah Direksi.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Divestasi Vale Kian Dekat, Bahlil Sebut MIND ID Ambil 14%


(wia)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *