Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa saham terpantau sudah menyentuh harga di bawah Rp 10 per saham pada perdagangan sesi I Kamis (4/4/2024), di mana saham-saham tersebut juga berlaku sistem perdagangan periodic full call auction.

Terpantau setidaknya ada 21 saham yang kini berada di bawah level psikologis Rp 10 per saham, dengan dua saham berada di harga Rp 2 per saham. Adapun dua saham tersebut yakni PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk (SBAT) dan PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT).

Mirisnya, dari 21 saham tersebut, terdapat salah satu saham IPO 2023 yakni PT Isra Presisi Indonesia Tbk (ISAP) yang kini berada di posisi Rp 8 per saham.

Berikut daftar sahamnya:


Bahkan, 21 saham tersebut otomatis berlaku sistem perdagangan periodic full call auction. Periodic call auctionadalah perdagangan dengan permintaan dan penawaran harga yang cocok pada jam tertentu dan ditentukan berdasarkan volume terbesar. Ini berbeda dengan perdagangan reguler yang berlangsung sepanjang jam kerja bursa.

Periodic call auctionadalah mekanisme perdagangan dengan kuotabiddanaskyang akan match pada jam tertentu serta pembentukan harga diambil dari lantai dengan volume match terbesar antarabiddanoffer.

Mekanisme ini memungkinkan seluruh saham pada papan pemantauan khusus dapat diperdagangkan sampai harga minimum Rp 1. Auto rejection untuk saham dengan harga Rp 1 – Rp 10 yakni sebesar Rp 1, sedangkan untuk saham dengan harga di atas Rp 10 sebesar 10%.

Sebelumnya, periodic call auction hanya berlaku pada emiten yang masuk salah satu kriteria pemantauan khusus, yaitu emiten dengan likuiditas perdagangan rendah.

Pada kriteria ini, nilai transaksi rata-rata harian saham kurang dari Rp 5 juta dan volume transaksi rata-rata harian saham kurang dari 10.000 saham selama enam bulan terakhir di pasar reguler dan/atau pasar regulerperiodic call auction.

Saham yang masuk dalam papan pemantauan khusus selain karena kriteria itu adalah saham yang diperdagangkan secara continous auction atau proses tawar-menawar secara berkesinambungan.

Kini,periodic call auctiondiberlakukan secarafullpada seluruh saham yang masuk dalam papan pemantauan khusus atau 11 kriteria. Saham-saham tersebut dapat diperdagangkan di luar pasar reguler dalam lima sesi periodic call acutiondalam satu hari pada Senin-Kamis dan empat sesi pada hari Jumat.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


34 Saham Ini Harganya OTW Rp 1, Ada di Portofolio Kamu?


(chd/chd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *