Jakarta, CNBC Indonesia – Bursa Asia-Pasifik┬áhari ini, Senin (8/4/2024) dibuka beragam menjelang keputusan beberapa bank sentral.

Dari bursa saham Jepang, Indeks Nikkei 225 rebound 1,01% menembus 39.000 pada pembukaan perdagangan. Sementara Topix naik 0,77%.

Bursa Australia, S&P/ASX 200 juga naik 0,15% dan bursa Hongkong Hang Seng menguat dari penutupan akhir pekan lalu 16.732,92 menjadi 16.772,92.

Sementara itu, untuk Kospi Korea Selatan dibuka tergelincir 0,17% dan Kosdaq merosot 0,76%.

Pada pekan ini, ada sejumlah bank sentral yang akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter, diantaranya Bank of Korea, Reserve Bank of New Zealand, Bank of Thailand dan bank sentral Filipina.

S&P Global memperkirakan keempat bank tersebut akan mempertahankan suku bunganya.

Namun, tetap menambahkan catatan bahwa “Bank of Korea mungkin termasuk di antara bank-bank yang hampir menurunkan suku bunganya dan retorikanya akan menjadi fokus.”

Sebagaimana diketahui, bank sentral Korea adalah salah satu bank Asia yang paling awal menghentikan siklus pengetatan suku bunga pada tahun 2023.

Selain itu, pelaku pasar juga sedang dalam mode wait and see sejumlah data penting seperti inflasi AS dan China.

Kit Juckes, ahli strategi valas di Societe Generale memperkirakan penurunan inflasi inti AS kemungkinan tidak akan mengembalikan penurunan pada bulan Juni setelah data yang solid pada minggu lalu mengurangi peluang tersebut.

Menurut CME FedWatch, pasar kini memperkirakan peluang penurunan suku bunga The Fed sebesar 49,1% pada bulan Juni dan bulan Juli akan menjadi titik awal baru untuk siklus pelonggaran yang ditunggu-tunggu.

Investor juga memperkirakan pemotongan sebesar 62 basis poin tahun ini, kurang dari proyeksi The Fed sebesar 75 basis poin.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Banyak Data Penting Rilis Hari Ini, Bursa Asia Dibuka Bervariasi


(tsn/tsn)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *