Jakarta, CNBC Indonesia – Konglomerat properti Vietnam Truong My Lan dijatuhi hukuman mati pada Kamis (11/4/2024) waktu setempat. Ini karena keterlibatannya dalam kasus penipuan keuangan terbesar di negara tersebut.

Media pemerintah melaporkan Lan dinyatakan bersalah atas penggelapan, penyuapan, dan pelanggaran peraturan perbankan seputar pemberian pinjaman. Selain dijatuhi hukuman mati atas tuduhan penggelapan, dia dikenakan dua tuduhan lainnya dengan hukuman 20 tahun penjara.

Lan merupakan pimpinan perusahaan pengembangan real estat Van Thinh Phat Holdings Group. Ia dituduh mengambil alih aset dari Bank Komersial Saham Gabungan Saigon dengan mengambil pinjaman ilegal kepada Van Thinh Phat dan perusahaan cangkang.

Sebagian besar pembelaan Lan didasarkan pada pengacaranya yang berpendapat bahwa dia hanya mengendalikan sekitar 15% bank dan tidak memiliki posisi resmi di bank tersebut, sehingga menunjukkan bahwa tuduhan penggelapan tidak pantas.

Namun, para saksi yang memiliki saham besar mengatakan kepada pengadilan bahwa mereka diperintahkan untuk bertindak atas nama Lan. Oleh karena itu, hakim memutuskan bahwa Lan memegang saham pengendali lebih dari 90% di SCB melalui kuasanya dan merupakan pemilik secara de facto bank tersebut.

Pinjaman tersebut dilaporkan bernilai total $44 miliar dan menyumbang lebih dari 90% pinjaman SCB antara tahun 2012 dan 2022. Diperkirakan $12,3 miliar diduga disalurkan ke Van Thinh Phat sementara dana lainnya digunakan secara pribadi.

Sebanyak lebih dari 1.000 pinjaman telah dilunasi oleh Lan, menurut hakim. Namun pengadilan mengatakan dia harus memberikan kompensasi penuh kepada bank.

Reuters melaporkan pada hari Kamis bahwa seorang anggota keluarga mengonfirmasi bahwa Lan akan mengajukan banding atas hukuman tersebut. Selain Lan, lebih dari 80 orang lainnya termasuk pejabat bank sentral telah didakwa.

Politisi tingkat tinggi termasuk mantan presiden Vietnam telah dipaksa mengundurkan diri sehubungan dengan kasus tersebut, tidak ketinggalan ratusan pejabat serta pengusaha telah dijatuhi hukuman.

Kasus ini merupakan bagian dari tindakan tegas anti-korupsi yang lebih luas yang dilakukan oleh partai Komunis yang berkuasa di Vietnam.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ngeri! Vietnam Diguncang Mega Skandal Korupsi Perbankan


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *