Jakarta, CNBC Indonesia – KB Bank (BBKP) menandatangani fasilitas pinjaman jangka panjang sebesar US$300 Juta dari Korea Development Bank (KDB) dengan dukungan dari induk usaha KB Kookmin Bank Co., Ltd. Fasilitas pinjaman jangka panjang ini semakin memperkuat struktur pendanaan KB Bank untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan di tengah situasi pasar yang dinamis.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong menjelaskan, fasilitas pinjaman jangka panjang dari Korea Development Bank akan semakin memperkuat pendanaan KB Bank.

“Pinjaman ini mendukung upaya kami dalam melakukan ekspansi kredit khususnya untuk segmen UMKM dan ritel yang menjadi fokus di tahun 2024. Kolaborasi antara KB Bank dengan Korea Development Bank ini turut didukung oleh induk usaha KB Bank melalui jaminan berupa Standby Letter of Credit (SBLC) yang diterbitkan oleh KB Kookmin Bank Co., Ltd,” ungkap Robby dalam keterangan resmi, Selasa (16/4/2024).

Sebagaimana diketahui, pada tahun ini KB Bank terus mendorong pertumbuhan bisnis dengan menjadikan segmen wholesale sebagai anchor dan memperluas ekosistem pada segmen UMKM dan juga ritel. Segmen wholesale pada 2023 lalu tumbuh hampir 14%, dengan pertumbuhan kredit baru pada segmen ini sekitar 18%. Pertumbuhan kredit baru juga didorong oleh pertumbuhan Korean Link Business hingga lebih dari dua kali lipat.

KDB berdiri sejak tahun 1954 dan menjadi pilar pembangunan ekonomi di Korea Selatan, yang beroperasi di bawah pengawasan langsung Pemerintah negeri ginseng ini. Dengan mandat untuk menjaga solvabilitas institusi, KDB telah meraih pengakuan internasional, dengan peringkat seperti Aa2 (Moody’s), AA (S&P), dan AA- (Fitch Ratings). Di Korea Selatan, KDB memegang peringkat kredit tertinggi dari Korea Ratings Corp., Korea Investors Services, dan NICE.

Robby mengatakan kolaborasi antara KB Bank dan KDB mencerminkan konvergensi visi strategis dan komitmen bersama untuk memperkuat stabilitas keuangan dan pertumbuhan. Perjanjian ini tidak hanya memperkuat posisi keuangan KB Bank, tetapi juga menegaskan kemitraan yang berkesinambungan antara kedua institusi dalam mendorong kemajuan ekonomi.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Rebranding, KB Bank Tingkatkan Layanan & Kontribusi ke Ekonomi RI


(dpu/dpu)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *