Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar kripto terpantau melemah hari ini (17/4/2024) bersamaan dengan berkurangnya euforia dana yang diperdagangkan di bursa (ETF bitcoin spot) belakangan ini.

Merujuk dari CoinMarketCap pada Rabu (17/4/2024) pukul 06:56 WIB, pasar kripto terpantau melemah. Bitcoin naik 0,39% ke US$63.738,99 sementara secara mingguan berada di zona negatif 7,87%.

Ethereum berada di zona merah 0,58% dalam 24 jam terakhir dan dalam sepekan mengalami depresiasi 11,98%

Solana turun 1,3% secara harian dan secara mingguan mengalami anjlok 20,99%.

Sementara Dogecoin mengalami depresiasi 3,39% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari terakhir ambles 17,49%.



CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital naik 0,33% ke angka 2.499,24. Open interest terdepresiasi 1,34% di angka US$55,83 miliar.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 60 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase optimis dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Dilansir dari coindesk.com, euforia awal untuk ETF bitcoin spot tampaknya telah berkurang dan kenyataan perlahan mulai muncul dengan arus masuk baru-baru ini tidak mampu mengimbangi laju keluarnya Grayscale’s Bitcoin Trust (GBTC) yang masih cepat.

Hasilnya adalah dalam pekan yang berakhir 12 April, ETF spot secara keseluruhan mengalami arus keluar bersih sebesar 1.766 bitcoin.

Untuk sebagian besar dana yang tersisa, termasuk Invesco Galaxy Bitcoin ETF (BTCO), VanEck Bitcoin Trust (HODL) dan Valkyrie Bitcoin Fund (BRRR), arus masuk nol dan bahkan arus keluar sesekali telah menjadi hal yang biasa.

Hal ini bukan hal yang luar biasa, kata James Seyffart, analis ETF di Bloomberg Intelligence dalam sebuah postingan di X. Dia menunjukkan bahwa sekitar 83% dari semua ETF di pasar AS tidak melihat adanya arus masuk pada hari Senin (16/4/2024).

Kendati belakangan ini arus ETF bitcoin spot tidak cukup mampu memberikan sentimen positif bagi kripto termasuk bitcoin, namun kepala investasi di Hashdex, Samir Kerbage yakin bahwa pasti ada potensi kebangkitan kembali arus masuk.

Saat ini banyak bank dan dana pension yang baru memulai proses uji tuntas sebelum mempertimbangkan alokasi strategis ke BTC melalui ETF yang baru diluncurkan.

“Saat lembaga keuangan besar ini mengambil keputusan dalam beberapa bulan mendatang, kemungkinan besar akan terjadi hal tersebut. arus masuk akan meningkat sekali lagi, berpotensi mencapai tonggak sejarah baru untuk salah satu peluncuran ETF paling sukses dalam sejarah AS.” ujar Kerbage.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Bitcoin Ambruk Sentuh US$39.000-an, Kripto Kebakaran Berjamaah


(rev/rev)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *