Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah menjadi tersangka dugaan kasus korupsi tambang timah wilayah Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT Timah Tbk 2015-2022, kekayaan Harvey Moeis pun menjadi pembicaraan hangat di masyarakat.

Kini sebagian besar harta kekayaan suami Sandra Dewi tersebut telah disita oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia, di mana penyidik menggeledah kediaman Harvey yang berada di Kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan pada awal April 2024 lalu.

Sejauh ini, Kejagung telah menyita empat mobil mewah milik Harvey yakni Rolls Royce, Mini Cooper, Toyota Vellfire dan Lexus. Selain itu, sejumlah jam tangan juga turut disita. Kejagung juga menyita uang senilai Rp 76 miliar dan logam mulia, serta memblokir rekening atas nama Harvey Moeis.

Lalu seberapa besar kekayaan dan sejumlah barang dengan harga fantastis yang dimiliki oleh Harvey Moeis? Berikut laporannya, seperti dikupas oleh Tim Riset CNBC Indonesia.

Melihat dari kerajaan bisnis yang dimilikinya, kepemilikan saham, serta jet pribadi, kekayaan Harvey Moeis bisa mencapai lebih dari miliaran rupiah. Melansir bankrate, harga jet pribadi berkisar US$2 juta (Rp31 miliar) hingga US$660 juta (Rp10 triliun).

Harvey memiliki rumah mewah senilai Rp271 miliar di Australia dengan ukuran rumah yang cukup luas dan memiliki fasilitas lengkap mulai dari tempat bermain anak, lapangan basket dan memiliki ruang santai keluarga yang cukup luas.

Ia juga merupakan pecinta supercar dan aneka kendaraan mewah. Meski jarang dipamerkan secara langsung, namun beberapa koleksi mobil mewah hingga pesawat jet Harvey pernah diunggah oleh Sandra Dewi di Insta Story akun Instagram pribadinya.

Berikut kendaraan yang dimiliki oleh Harvey yang pernah diunggah di akun Instagram Sandra Dewi.

  • Roll-Royce Ghost Extended W (estimasi harga Rp23 miliar)
  • Ferrari 488 Pista (Rp13 miliar)
  • Mercedes-Benz SLS AMG (Rp10 miliar)
  • Bentley Bentayga (Rp9,2 miliar)
  • Lexus LX 570 (Rp3,5 miliar)
  • Toyota Alphard (Rp1 miliar)
  • Mini Cooper (Rp900 juta)
  • Jet Pribadi Bombardier Challenger 605 (Rp270 miliar)

Selain koleksi kendaraan mewah, Harvey juga diketahui gemar mengoleksi jam tangan mewah dengan harga mulai ratusan juta hingga puluhan miliar, berikut daftar jam tangan yang pernah dikenakan oleh Harvey di beberapa momen yang diunggah di akun Instagram Sandra Dewi.

  • Rolex Chonograph Paul Newman (Rp24,8 miliar)
  • Richard Mille RM 35-02 Rafael Nadal (Rp2,2 miliar)
  • Patek Philippe Nautilus 5980R/001 (Rp2,1 miliar)
  • Patek Philippe Nautilus 5990/1A-001 (Rp2 miliar)
  • Audemars Piguet Royal Oak (Rp2 miliar)
  • Rolex Cosmograph Daytona 116520 (Rp400 juta)

Profil Harvey Moeis dan Sang Istri

Harvey Moeis merupakan seorang pengusaha yang lahir pada 30 November 1985 berdarah keturunan Papua, Ambon, dan Makassar. Diketahui Harvey bukan orang baru dalam bidang komoditas dan pertambangan.

Diketahui sumber kekayaan Harvey berasal dari bisnis pertambangan. Keluarga besar Harvey telah lama bergerak di bisnis batu bara, dengan memiliki sejumlah perusahaan seperti PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, dan lainnya.

Harvey sendiri memiliki sejumlah bisnis di sektor tambang batu bara yakni PT Multi Harapan Utama (MHU) di Kalimantan Timur sebagai Presiden Komisaris.

Harvey juga memiliki kepemilkikan saham di beberapa perusahaan pertambangan yakni PT Refined Bangka Tin (RBT), CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa dan PT Stanindo Inti Perkasa.

Di RBT, Harvey merupakan seorang pengusaha yang menjadi perwakilan . Dalam situs resmi perusahaan, RBT merupakan salah satu produsen Timah Murni Batangan (Tin Ingot) terbesar di Indonesia.

Perusahaan ini menghasilkan Timah Murni Batangan berkualitas tinggi dengan Sn 99,90% sampai 99,99% (di atas standar LME) dan Pb di bawah 300ppm.

Orangtua Harvey juga bukan orang sembarangan, ia lahir dari pasangan konglomerat, yakni ibunda Harvey bernama Irma Silviani, sedangkan ayahnya Hayong Moeis telah meninggal dunia.

Sementara sang istri Sandra Dewi juga memiliki bisnis. Ia memiliki brand perhiasan dengan naungan nama Sandra Dewi Gold.

Sandra Dewi memiliki brand kosmetik dengan nama Saint By Sandra. Bahkan Sandra Dewi pernah bergelut di bisnis kuliner dengan nama Queen Roll dan More Chips, namun sejak tahun 2018 terpantau akun instagram bisnis kulinernya sudah tidak aktif kembali.

Di bidang fashion, Sandra Dewi sempat membuat merek SDW by Sandra. Namun, hingga saat ini akun Instagram merek tersebut tidak aktif kembali.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Harvey Moeis-Helena Lim, Ini Daftar 16 Tersangka Korupsi PT Timah


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *